Panduan Singkat Mengisi Form SKP


menghindari stressMemperhatikan bahwa hingga saat ini masih banyak yang bingung atau kurang paham dalam mengisi form Sasaran Kerja Pegawai, maka disini kami coba memberikan sedikit panduan yang mudah-mudahan bisa membantu.

Dua kali kami pernah mengikuti pertemuan sosialisasi Sasaran Kerja Pegawai di Kabupaten pada tahun 2013 lalu. Yang pertama diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan difasilitasi oleh BKD Kabupaten Sekadau, yang kedua — LANJUTKAN BIAR LEBIH PAHAM–diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau dengan nara sumber dari BKD Kabupaten Sekadau. Apa yang disampaikan hanya seputar peraturan berkaitan dengan Sasaran Kerja Pegawai serta contoh format SKP dan bagaimana menghitung (pengukuran) hasil kerja. Tidak ada diberikan contoh nyata bagaimana mengisi sasaran kerja bagi salah satu tenaga fungsional. Maklumlah, waktunya terlalu singkat, mungkin perlu workshoplah.

Untuk teman-teman di Puskesmas yang masih kesulitan dalam mengisi butir kegiatan pokok maupun sasaran kerjanya (di Puskesmas Sei Ayak juga masih banyak yang kurang paham) maka kami coba memberikan sedikit panduan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan format SKP yang kami sediakan.

  1. Isi terlebih dulu nama pejabat penilai dan nama pegawai yang dinilai. Nama sebaiknya menggunakan huruf KAPITAL.
  2. Pada kolom KEGIATAN TUGAS POKOK JABATAN, pilih tugas yang sesuai dengan kondisi di tempat kerja anda. Jangan memaksakan untuk mengambil tugas yang tidak mungkin dilaksanakan karena akan berpengaruh pada hasil penilaian.
  3. Jika butir kegiatan yang sudah tertera pada kegiatan tugas pokok jabatan tidak diperlukan, lakukan delete pada cell tersebut dan ganti dengan butir kegiatan lainnya.
  4. Jangan melakukan Cut dari cell lain untuk mengisi cell yang kosong karena akan merubah refferensi rumus yang akan berakibat error, jika maksa, tanggung sendiri.
  5. Jika jumlah tugas pokok kurang dari baris yang tersedia sehingga terjadi kelebihan baris, jangan di delete barisnya tetapi cukup di hide saja
  6. Dalam menentukan sasaran/target, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. Jika terlalu tinggi, dan realisasinya tidak tercapai, maka besar kemungkinan prestasi kerja tidak tercapai dan angka kredit untuk kenaikan pangkat juga tidak tercapai. Jika terlalu rendah, maka prestasi kerja mungkin tercapai sangat baik, tetapi angka kredit untuk kenaikan pangkat belum tentu mencukupi. Jadi, mesti bijaksana dalam menentukan target.
  7. Laporan kegiatan sebaiknya diisi setiap bulan sebagai dasar untuk mengisi kolom KUANT/OUTPUT pada lembar PENGUKURAN. Anda tidak boleh begitu saja mengisi angka pada kolom KUANT/OUTPUT tanpa dasar/bukti yang jelas.
  8. Beberapa sheet kami protect untuk melindungi cell yang tidak boleh diubah sembarangan karena ada rumus/fungsi akan berakibat fatal jika terhapus. Untuk membuka protect sheet, cukup klik pada tab REVIEW, kemudian klik Unprotect Sheet. Jika diminta password, ketikkan “skp2014”. Ingat dalam mengetiknya tanda petik dua tidak boleh disertakan.
  9. Terakhir, jika anda tergerak untuk memberikan donasi atas kerja keras kami, silakan hubungi kami di 081256719278 – sms atau telpon langsung – sama saja.

Demikian sedikit petunjuk dari kami semoga ada manfaatnya.

Terima kasih.

9 thoughts on “Panduan Singkat Mengisi Form SKP

  1. Ucapan terima kasih untuk teman-teman dari puskesmas sungai ayak sekadau, kami membutuhkan beberapa Aplikasi seperti SimPUS dan Sim KIA mohon informasi bagaimana prosedur untuk mendownload, berapa jumlah donasi untuk kedua aplikasi tersebut

  2. Terima Kasih Banyak Atas semua yang sudah di opload. ini sangat bermanfaat bagi Perawat yang memerlukan petunjuk tentag SKP… Muda-mudahan apa yang anda lakukan ini bernilai ibadah… dan saya harap bisa Study Banding di tempat Anda Tank’ ALL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s