YANKES DACIL DI DESA KUMPANG BIS


Jalan menuju desa Kumpang Bis

Kumpang Bis adalah sebuah desa di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. Merupakan sebuah desa dengan kategori sangat terpencil. Terletak di bagian utara Kecamatan Belitang Hilir dengan jarak dari Puskesmas ke Pusat Desa sekitar 27 km. Kondisi jalan cukup bagus jika cuaca kering, namun jika hujan tidak bisa dilewati.

Meski tergolong sangat terpencil, desa Kumpang Bis bukanlah desa tertinggal. Dari pandangan sepintas, kita dapat menyaksikan rumah warga yang cukup bagus, bahkan ada yang permanen. Di depan rumah terparkir satu atau dua sepeda motor yang kondisinya masih mengkilap. Jika ada yang nampak seperti rongsokan, itu dapat dipastikan sebagai kendaraan kerja. Ada juga kendaraan roda empat atau enam keluaran terbaru.

Mata pencaharian penduduk Kumpang Bis adalah petani/pekebun dengan komoditi utama kelapa sawit dan karet.   Hasil kebun yang cukup melimpah itulah agaknya yang menyumbang kemakmuran bagi warga desa ini.

Tanggal 29 Mei 2012 Tim Puskesmas bersama Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau mengadakan pelayanan pengobatan bagi masyarakat di desa Kumpang Bis. Dari Puskesmas 10 orang personil yakni Lukas (Ka. Puskesmas), Dr. Vita Herawati, Rumolda Reno, SKM, Konstansius Rudi, AMDKG, Strida Tambung, Tika Julita, Hadi Riyadi, Yuniriah, Irpandi, dan Yusufta. Sedangkan dari Dinas Kesehatan dipimpin oleh Budi Mustika, dan didampingi oleh Harina dan Leni.

Sambutan masyarakat terhadap kegiatan ini cukup menggembirakan. Saat tim Puskesmas dan Dinkes Sekadau tiba pada pukul 11.30 WIB, puluhan warga sudah menunggu di tempat pelayanan yang dipusatkan di Pustu SP 10 Kumpang Bis. Kedatangan tim disambut dengan ramah dan sapaan dari warga.

Meski tempat pelayanan sudah dipersiapkan, namun pelayanan tidak langsung dilaksanakan. Tim memerlukan waktu istirahat sejenak dan makan siang mengingat perjalanan dari Puskesmas Sei. Ayak ke Desa Kumpang Bis cukup melelahkan dan menguras tenaga.

Pukul 12.30 barulah pelayanan dimulai. Dalam kegiatan ini pelayanan utama adalah pelayanan pengobatan. Selain itu ada juga pelayanan KB berupa pemasangan implant oleh Bidan Strida Tambung, Penyuluhan PHBS dan Penyuluhan Gigi serta Sikat Gigi Masal untuk murid SD 26 Kumpang Bis. Penyuluhan dilaksanakan oleh Rumolda Reno, SKM, dan Konstansius Rudi, AMDKG.

Berikut adalah sebagian foto dari kegiatan yang dilaksanakan  :

Pendaftaran pasien oleh Hadi Riyadi

Menuju ruang periksa

Antri di depan ruang periksa

Dr. Vita Herawati, periksa pasien

Bidan Strida Tambung, pasang implant

Pembagian oleh Tika Julita, di damping Harina yang mengabsen pasien

Bule juga tidak ketinggalan dapat pelayanan gratis

Yuni dan Tika, bagi obat

Penyuluhan PHBS di SDN 26 Kumpang Bis oleh Rumolda Reno, SKM

Sikat gigi masal anak sekolah SDN No. 26 Kumpang Bis dipandu oleh Konstansius Rudi, AMdKG

One thought on “YANKES DACIL DI DESA KUMPANG BIS

  1. Bikin teringat masa lalu aja,mank pkms sui ayak ni sllu top markotop lah..bwt Rudi,jlskan baik2 ke anak SD cara sikat gigi tu,ntr mrk kira sikat gigi yg baik tu di manekin gt,jd mrk gk nyikat gigi sndiri,bwt Reno “gaya aje lo Ren”..bwt Vita,hehe..gud luck ya,lanjutkan deh..oh ya,kok k Yana gk ikut,biasa kan tim tetap jg tuh..oke for the last,I just want to say how I miss all of activities n all of u guys..u are all great peoples,may GBU always ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s