JARAK PUSKESMAS KE PUSTU, POSKESDES, dan DINKES SEKADAU


Bulan April hingga awal Mei 2011, kami telah mengunjungi setiap sarana kesehatan yang ada di Kecamatan Belitang Hilir, dari yang terdekat hingga yang terjauh. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung keadaan sarana kesehatan di desa berupa Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Tujuan lainnya adalah membuat peta wilayah kerja Puskesmas Sei Ayak secara tepat dan akurat, juga mengukur jarak sesungguhnya antara Puskesmas dengan Pustu dan Poskesdes serta Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tentu saja memerlukan alat bantu untuk pembuatan peta maupun pengukuran jarak antar tempat. Untuk itu kami menggunakan GPS Garmin 60i. Adapun hasil yang didapat berupa peta wilayah kerja Puskesmas Sei Ayak, jarak antar tempat, dan koordinat masing-masing tempat.

Berikut adalah tabel jarak dan koordinat tersebut

Jarak Puskesmas ke Pustu, Poskesdes, dan Dinkes Sekadau

Dari tabel di atas, terlihat bahwa Pustu/Poskesdes terdekat adalah Poskesdes Pinyak. Ini karena Poskesdes Pinyak masih satu desa dengan Puskesmas Sei Ayak yaitu desa Sungai Ayak III. Namun untuk ke Poskesdes Pinyak, harus menggunakan transportasi air atau perahu motor dengan waktu tempuh sekitar satu atau satu setengah jam. Tergantung besar kecilnya mesin pendorong yang digunakan.

Sedangkan Poskesdes terjauh adalah Poskesdes Sungai Tapang yang terletak di desa Semadu yaitu 50,7 km. Selain jauh, jalan yang dilalui juga tidak mulus. Hanya 16 km yang sudah diaspal, selebihnya adalah jalan tanah tanpa pengerasan. Waktu tempuh dengan sepeda motor ke Poskesdes Sungai Tapang berkisar tiga sampai empat jam dan sangat tergantung keadaan cuaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s