PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS


Kamis, 6 Januari 2011, Puskesmas Sungai Ayak mengadakan Rapat Perencanaan Tingkat Puskesmas. Rapat ini bukan saja melibatkan staf yang ada di Puskesmas Induk, melainkan juga para petugas yang ada di Pustu dan Poskesdes.
Rapat dipimpin oleh Kepala Puskesmas Sungai Ayak yang sekaligus bertindak sebagai fasilitator dalam penyusunan perencanaan.
Bagi petugas di Pustu dan Poskesdes, kegiatan perencanaan ini merupakan sesuatu yang baru, karena selama ini, mereka tidak pernah dilibatkan dalam pembuatan rencana kerja di tingkat Puskesmas. Beberapa petugas tampak bingung harus bagaimana. Apa yang mesti direncanakan. Apa sasaran maupun target yang harus dicapai. Bagaimana dengan biayanya ?
Namun dengan bimbingan Kepala Puskesmas yang sudah mendapat pelatihan Manajemen Puskesmas di Pontianak beberapa waktu yang lalu, kebingungan itu akhirnya sirna. Kemudian, dengan lancar akhirnya selesai juga tugas membuat rencana kerja tahunan untuk masing-masing Pustu maupun Poskesdes.
“Yang penting, kita mau memulainya dulu. Soal kesempurnaan, tidak ada yang sempurnya pada awalnya. Kekurangan di sana-sini pasti ada”, demikian Kepala Puskesmas memotivasi stafnya untuk semangat. “Selama ini, anda bekerja begitu saja tanpa ada perencanaan. Maksudnya, apa yang akan dikerjakan, apa sasaran, dan bagaimana hasilnya, tidak pernah didokumentasikan. Maka hari ini, kita memulai sesuatu yang selama ini tidak pernah anda lakukan. Dengan adanya rencana kerja ini, anda dapat mengukur sejauh mana keberhasilan di dalam bekerja. Berani memulai, itu sudah merupakan kemenangan”, demikian Kepala Puskesmas Sungai Ayak.
Berikut, beberapa foto dari kegiatan tersebut.

About these ads

Tentang Puskesmas Sungai Ayak

Pelopor Simpus dari Sekadau - Kalimantan Barat
Tulisan ini dipublikasikan di Simpus, Umum dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS

  1. wahyu Ahmad berkata:

    salam kenal buat kru pusk sui Ayak..

  2. Riko.Jumat berkata:

    Tolong kirimin juga progarm2 inovasi puskesmasnya,pak /buk,kirim kr email saya ini ªjª ya…makasih

  3. joni berkata:

    Salut bwt Puskesmas Sei Ayak, moga tetap menjadi yg terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s