SIM JAMKESMAS

Sistem Informasi dan Manajemen Jamkesmas. Sesuai namanya, sistem ini digunakan dalam pengelolaan data Jamkesmas di Puskesmas yang meliputi data pasien rawat jalan, data pasien rawat inap, data persalinan, dan data keuangan.
Mengapa harus membuat SIM Jamkesmas sendiri ?  Bukankah ada SIM Jamkesmas yang dibuat oleh Ditjen Bina Kesehatan Masyarakat melalui Program Jamkesmas Pusat ?
Ya, memang ada SIM Jamkesmas yang dapat diperoleh gratis dan online ke Jamkesmas Pusat. Namun masalahnya adalah : data yang harus diinput ke SIM Jamkesmas Pusat adalah data jadi. Artinya, Puskesmas harus mengolah sendiri data yang diperlukan, setelah datanya selesai barulah diinput ke SIM Jamkesmas milik Ditjen Binkesmas tersebut. Sebagai contoh, untuk dapat menginput data 10 besar penyakit rawat jalan dari peserta Jamkesmas, harus diolah dulu data pasien rawat jalan yang berkunjung ke Puskesmas. Petugas pengelola Puskesmas harus menghitung lebih dulu jumlah pasien, mengelompokkan data penyakitnya, lantas  menyortirnya dalam 10 besar penyakit rawat jalan maupun rawat inap. Begitu juga untuk membuat laporan Kepesertaan, Pelayanan Kesehatan dan Pendanaan Peserta Jamkesmas di Puskesmas (lampiran 1 Juknis Jamkesmas 2009) harus diolah terlebih dulu angka-angka melalui data pendukung seperti, kunjungan rawat jalan peserta Jamkesmas, kunjungan rawat inap peserta Jamkesmas, data rujukan, kunjungan bumil, bulin, dan KN. Semua itu akan cukup melelahkan jika dilakukan secara manual. Adanya SIM Jamkesmas untuk Puskesmas ini akan sangat membantu meringankan pekerjaan pengelola Program Jamkesmas di Puskesmas. Petugas cukup memasukkan data mentahnya saja. Selanjutnya adalah tugas program untuk mengolah serta memberikan sajian data yang dibutuhkan.

Gambaran Program

Saat pertama kali dibuka, akan muncul jendela antar muka berupa form (lihat gambar)

SIM Jamkesmas hal 1

Form ini terdiri dari 3 halaman yaitu Data, Laporan, dan Grafik. Pada halaman data terdapat tombol untuk mengakses   Data Umum, Register Rawat Jalan, Register Rawat Inap, Data Bumil, Kunjungan Bumil, Data Rujukan, Data Persalinan, Kunjungan KN, serta Register Keluhan Masyarakat.

Pada halaman 2 yaitu halaman Laporan digunakan untuk mengakses laporan seperti, Laporan Penyakit, Laporan Rawat Inap, 10 Besar Rawat Jalan, 10 Besar Rawat Inap,  Laporan Visit Rate, Laporan Kepesertaan,Pelayanan Kesehatan dan Pendanaan (Lap Yankes), Buku Kas Umum, dan Catatan Keuangan.

Sedangkan halaman 3 memuat Grafik yaitu Grafik Rawat Jalan, Grafik Rawat Inap, dan Grafik Visit Rate.

Input Data

Input Data dilakukan melalui Register Rawat Jalan, Register Rawat Inap,  Register Bumil, Register Bulin, Register Rujukan, dan Catatan Keuangan. Caranya cukup gampang yaitu klik pada register yang diinginkan, maka akan tampil register dimaksud. Misalnya, untuk mengisi register rawat jalan maka klik pada tombol REG RWT JALAN. segera akan tampil sheet Register Rawat Jalan. User tinggal memasukan data pasien rawat jalan pada register tersebut. Demikian juga untuk register lainnya.

REGISTER RAWAT JALANSheet Input Data

Untuk melihat laporan, silakan klik pda tombol laporan yang diinginkan. Contohnya 10 besar Penyakit Rawat Jalan.

10 Besar Penyakit Rawat Jalan

Disini dicontohkan adalah bulan Pebruari 2010. Bulan diinput melalui klik pada tombol INPUT BULAN sehingga muncul form Input Bulan. Pilih bulan yang diinginkan dan OK.

Tabel 10 Besar Penyakit peserta Jamkesmas sebelum diurut

Dalam contoh di atas adalah bulan Pebruari namun datanya belum terurut secara benar. OK, tidak masalah. Tinggal klik saja pada URUT DATA, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Tabel 10 Besar Penyakit peserta Jamkesmas setelah diurut

Sekarang, datanya sudah terurut dengan benar dari yang terbesar sampai yang terkecil dan berikut ini adalah grafiknya.

Satu hal yang mesti diingat, SIM JAMKESMS ini mempunyai masa pakai atau masa berlaku. Masih berapa lama lagi masa pemakaian dapat anda lihat pada bagian kanan atas form Utama baris ke dua.

Demikian sekelumit tentang SIM JAMKESMAS dari Puskesmas Sungai Ayak.

Ada yang berminat ?

Silakan buka halaman DOWNLOAD, linknya sudah tersedia. Dan jika and merasa bahwa program ini memang sangat membantu, jangan lupa testimoninya untuk dibagi kepada rekan-rekan di Puskesmas lainnya.

Oya, filenya boleh juga dibagi. Tapi ingat, jangan minta pembayaran alias dijual. Hehehe….. kecian dong yang buatnya. Udah capek-capek, eh…. orang lain yang dapat untung besar.

Catatan  :  Berhubung format laporan dan klaim Jamkesmas yang sudah berubah sejak tahun 2011, maka SIM JAMKESMAS yang diuraikan di atas sudah tidak relevan lagi. Oleh sebab itu, link unduhannya telah kami hapus.

Harap maklum 

9 Balasan ke SIM JAMKESMAS

  1. zebra curtains berkata:

    Its not my first time to go to see this site, i am browsing this web page dailly and obtain good facts from here everyday.

  2. nikson panjaitan berkata:

    bagaimana cara mendapatkan SIM JAMKESMASnya pak, mohon pencerahannya

  3. samrotul berkata:

    Kerja Hebat..pasti dinanti masyarakat sekitar….Oke

  4. mulyadi alka berkata:

    saya salut sekali dengan puskesmas sungai ayak sudah lengkap dengan berbagai aplikasi sistem informasi puskesmas yang diperlukan……
    dan yang lebih penting lagi puskesmas sungai ayak mau berbagi aplikasi tersebut pada puskesmas lain….mantaaaaaaappppp….
    SIM JAMKESMAS nya juga luar biasa………….

  5. Tekominfo berkata:

    Dilengkapi laporan surveilans

  6. Terima kasih.
    Semoga sukses dalam upaya pengembangan sistem informasi di Puskesmas

  7. marsani berkata:

    salam kenal pak..

    Blog ini sangat membantu saya memahami sistem informasi secara keseluruhan di Puskesmas.
    Saya kebetulan sedang mengerjakan aplikasi untuk pelaporan LB-1 sd LB-3 di salah satu
    puskesmas di Kab, Indramayu, dan dari blog ini saya cukup memahami alur sistem dipuskesmas.

    salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s