Profil

Dasar Pembentukan

PUSKESMAS SEI. AYAK

Puskesmas Sungai Ayak dibangun berdasarkan Inpres No. 10 Tahun 1976.

Didirikan dalam tahun anggaran 1976/1977 sebagai perluasan dari Balai Pengobatan yang sebelumnya sudah ada.
Saat dibangun kembali, lokasi Balai Pengobatan yang sebelumnya berada ditengah pemukiman penduduk di pasar desa Sungai Ayak III, dipindahkan ke Jl. Dr. Sutomo RT I/RW 02 No. 86 Desa Sungai Ayak III, diperbatasan dusun Sungai Ayak II dan dusun Sungai Ayak III. Pemindahan lokasi ini mengingat tempat yang lama tanahnya sempit dengan lingkungan yang tidak memadai. Di lokasi baru ini, tanahnya cukup luas yaitu kurang lebih 1,6 ha.
Tahun 1999 Puskesmas Sungai Ayak mengalami rehabilitasi total karena bangunan yang awalnya terbuat dari kayu, sudah lapuk dan dimakan rayap. Rehab total ini telah memperluas lantai gedung yang tadinya hanya 135 m2 bertambah menjadi 235 m2.

Selain menerima pasien rawat jalan, Puskesmas Sungai Ayak juga melayani pasien rawat inap. Penambahan fungsi sebagai Puskesmas Rawat Inap berdasarkan pertimbangan jarak dari Puskesmas ke desa cukup jauh dengan transportasi yang kurang lancar. Selain itu transportasi untuk rujukan pasien ke Kabupaten pun masih terkendala karena tidak adanya ambulan serta harus menyeberangi Sungai Kapuas. Sedangkan saat ini sarana penyeberangan seperti fery, baru dalam tahap pembangunan awal.

Fasilitas Rawat Inap mempunyai 3 ruangan dengan 8 tempat tidur. Tujuh tempat tidur untuk pasien umum, dan satu tempat tidur untuk persalinan. Pengelola atau Koordinatar Fasilitas Rawat Inap adalah dr. Rossy Tejaningsih, yang memulai tugasnya di Puskesmas Sungai Ayak sejak bulan Mei 2005.  Saat ini pasien yang di rawat bukan saja berasal dari desa-desa dalam wilayah Kecamatan Belitang Hilir, namun juga dari bebeapa Kecamatan sekitar seperti Belitang, Belitang Hulu, Sekadau Hilir, dan Sepauk (Kabupaten Sintang).

Untuk pemenuhan kebutuhan pegawai akan tempat tinggal, maka di kompleks Puskesmas Sungai Ayak dibangun pula perumahan. Terdapat 1 rumah dinas dokter,  1 buah rumah dinas dokter gigi,  2 buah rumah paramedis, 2  buah rumah untuk pegawai lainnya. Saat ini ada 11 orang pegawai yang tinggal di Kompleks Puskesmas Sungai Ayak yaitu 2 orang dokter umum, 1 sanitarian, 1 tenaga farmasi, 1 laboran, 4 perawat, 1 tenaga gizi, dan 1 perawat gigi.

Wilayah Kerja

Wilayah kerja seluas 764,30 km2 terletak di antara 0.28’58″ detik LU – 0.2’24″ LU dan 110.37′.00″BT – 110.20′.00″BT meliputi seluruh wilayah Kecamatan Belitang Hilir. Terdiri dari 8 desa yang membawahi 33 dusun berpenduduk ±21.772 jiwa. Jarak tempuh ke desa terdekat (Sungai Ayak III) adalah 0 jam, dan terjauh (Semadu) 1,5 jam menggunakan sepeda motor. Atau sama dengan 0 – 50 km (lihat peta).
Secara topografi, wilayah Kecamatan Belitang Hilir merupakan dataran rendah, sering dilanda banjir bila musim hujan. Meskipun tidak pernah menelan korban jiwa, namun banjir yang biasanya datang pada bulan Oktober hingga Pebruari, cukup merepotkan. Biaya perjalanan meningkat tajam sebab pengguna kendaraan bermotor – utamanya roda dua – harus menggunakan jasa perahu atau rakit untuk menyeberangi banjir yang sekali naik biayanya antara Rp 5.000,- – Rp 10.000,-. Tergantung jauh dekatnya. Lokasi banjir bukan hanya satu tempat namun bisa mencapai empat atau lima tergantung seberapa tingginya banjir yang terjadi. Namun persoalan banjir ini sedikit banyak sudah diatasi dengan peninggian badan jalan di pusat kota Sungai Ayak maupun jalan ke desa Tapang Pulau yang merupakan jalan utama di Kecamatan Belitang Hilir, sehingga untuk masyarakat dari desa Tapang Pulau bahkan masyarakat dari Kecamatan Belitang dan Belitang Hulu, mulai paruh kedua tahun 2008 bila akan ke Sungai Ayak, tidak perlu lagi takut banjir.

Jalur Akses

Ada dua jalur akses yang dapat digunakan untuk mencapai Puskesmas Sungai Ayak, yaitu melalui darat dan sungai. Jalur sungai biasanya digunakan oleh masyarakat yang bermukim di desa yang terletak di pinggiran sungai seperti Desa Sungai Ayak III, Desa Sungai Ayak I, dan Desa Entabuk. Sedangkan jalur darat digunakan oleh hampir keseluruhan desa karena saat ini jalan darat sudah menjangkau semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Belitang Hilir. Jalan darat ini dapat dilalui kendaraan roda 2 maupun 4, meskipun sebagian besar masih merupakan jalan tanah dengan atau tanpa pengerasan. Sudah bukan hal yang aneh lagi bagi masyarakat Belitang Hilir mandi debu bila musim kering, dan mandi lumpur bila musim hujan. Jalan yang sudah diaspal hanyalah jalan dalam kota Sungai Ayak sepanjang kurang lebih 3,5 km, dan 14 km ke luar kota menuju desa Tapang Pulau.
Bagi masyarakat luar Kecamatan Belitang Hilir, khususnya yang berada dibelahan lain Sungai Kapuas yaitu wilayah selatan Kabupaten Sekadau, untuk dapat mencapai Sungai Ayak harus menyeberangi Sungai Kapuas terlebih dahulu. Ada dua jalur penyeberangan menjadi alternatif yaitu di dusun Sungai Ayak I dan dusun Sungai Asam. Kedua jalur ini bermuara di dusun Gonis Rabu, desa Gonis Tekam, kurang lebih 20 km dari kota Sekadau arah ke Sintang.

Pustu dan Polindes

Dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa demi mensukseskan IS 2010, dibangun Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pondok Bersalin Desa (Polindes). Terdapat 7 Pustu dan 8 Polindes di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ayak. Pada Pustu ditugaskan seorang perawat, sedangkan pada Polindes ditugaskan seorang bidan. Saat ini 15 dari 16 sarana kesehatan yang ada di desa sudah mempunyai  tenaga tetap. Hanya satu Poskesdes yang belum mempunyai tenaga tetap yaitu Poskesdes Sungai Tapang di desa Semadu. Poskesdes Sungai Tapang dibangun dalam tahun anggaran 2009, terletak di Sungai Tapang, dusun Nyanggah, desa Semadu. Jarak dari Puskesmas Sei Ayak ke Poskesdes ini adalah sejauh lebig kurang 50 km dengan jalan tanah dan medan yang cukup sulit.

Mengantisipasi kekosongan tenaga di Poskesdes Sungai Tapang, mulai bulan Juni 2011 Kepala Puskesmas Sei Ayak telah menunjuk seorang staf di Puskesmas sebagai penanggungjawab. Kunjungan dilakukan secara berkala setiap hari Jumat hingga Minggu. Dengan demikian, penduduk yang berada di Sungai Tapang serta pemukiman sekitarnya seperti Sandeh, Nebok, Nyawang Ulu, dan Bejit Bungkang dapat dilayani keperluannya.

Gambaran Umum

Wilayah kerja Puskesmas Sungai Ayak meliputi seluruh desa dalam wilayah Kecamatan Belitang Hilir yaitu 8 desa dengan 38 dusun. Jumlah penduduk berdasarkan data yang kami dapat dari Kantor Camat Belitang Hilir adalah 22.195 jiwa. Laki-laki 11.525, perempuan 10.670. Dari jumlah penduduk tersebut di atas tercatat. 2.250 kk termasuk dalam kategori keluarga miskin dengan 8.762 jiwa. Meningkat tajam dari tahun 2007 yang hanya 789 kk dengan 3.145 jiwa. Penyebabnya mungkin pendataan yang tidak sesuai kriteria ataupun mumpung ada kesempatan untuk menjadi miskin karena saat ini berbagai fasilitas miskin telah disiapkan dan diberikan oleh pemerintah.

Mata pencaharian penduduk pada umumnya petani, pedagang, buruh, pegawai swasta, dan PNS.

Tenaga

Tenaga yang ada pada Puskesmas Sei. Ayak berjumlah 34 orang. Berstatus PNS 31 orang, PTT 1 orang, dan magang 1 orang. Masih dibutuh 1 orang tenaga bidan di desa untuk menempati Polindes yang masih kosong yaitu Polindes Sungai Tapang.

DATA TENAGA

Peran Serta Masyarakat

Peran serta masyarakat di bidang kesehatan (UKBM) berupa Posyandu, Pos Obat Desa, Gizi, dan Sanitasi. Terdapat 20 Posyandu dengan kader aktif sebanyak 90 orang. Kader Gizi 4 orang, Kader Sanitasi 4 orang, Battra 4 orang, Pos Obat Desa ada 2 namun tidak berfungsi lagi.

54 Balasan ke Profil

  1. website here berkata:

    You should take part in a contest for one of the best blogs on the web. I will recommend this site!

  2. Ousta39 berkata:

    Hello all. I’m new here but I think that will be announced very soon :)
    I run my own website on which you are cordially invited: halo 4 preorder

  3. Vpn berkata:

    Excellent post.) I learned a lot reading it.) Thanks)).

  4. uti muhammad syafiuddin berkata:

    salam kenal bagi puskesmas sungai ayak …
    saya uti muhammad s, mau mengadakan penelitian di puskesmas sei ayak …
    saya ada mengirim email ke puskesmas sei ayak,, mohon di konformasi .. karena saya membutuhkan no telpon puskesmas tersebut …
    saya mahasiswa dari universitas tanjung pura pontianak.

  5. Aden Jak'm berkata:

    maju terus buat puskesmas sungai ayak.

  6. Srakotraqu berkata:

    Very interesting site

  7. Homepage berkata:

    My spouse and I stumbled more than here from a different site and thought I may possibly as properly check points out. I like what I see so now i’m following you. Appear forward to going more than your internet page repeatedly. 998673

  8. yulius andreas berkata:

    selamat malam,
    nama saya yulius andreas, apakah di puskesmas di say anyak masih membutuhkan tenaga perawat.?

  9. BIEMA berkata:

    boleh minta data profil puskesmas sungai anyak tahun 2010 gak, yang lengkap.

  10. Aw, this was a really nice post. In idea I would like to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get something done.

  11. bang ben berkata:

    puskesmas sungai ayak Is the best form bumi lawang kuari. blog-nya oke…

  12. PKM Sungai Ayak berkata:

    Terima kasih bu Dokter sudah mau berkunjung ke tempat kami (blog). Rupanya pernah juga ya punya pengalaman di pedalaman Kalimantan. Begitulah…. hingga saat ini pun kami masih bertarung dengan yang namanya kekurangan, terutama fasilitas yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Untunglah keaadaan sekarang sudah jauh lebih baik dari dulu.
    Kebetulan, sejak 2007 Dinkes Kalbar setiap tahun menyelenggarakan Rapat Kerja Kepala Puskesmas Se-Kalbar. Saat itu merupakan reuni maupun ajang kenalan bagi para Ka Puskesmas. Tahun ini rencananya bulan September. Nanti kalau ketemu orang Tumbang Titi, salamnya akan saya sampaikan.
    Dengan Mas Jojok ? Hanya kenal lewat blog dan kebetulan sama-sama “gila” SIMPUS plus teman juga di FB. Tapi SIMPUS-nya Sungai Ayak masih jauh dibandingkan SIMPUS-nya Mas Jojok yang sudah online. Sungai Ayak masih stand alone, hanya cocok buat Puskesmas di pedalaman, walaupun ada juga Puskesmas kota yang menggunakannya.

  13. dr Lani berkata:

    Maaf, maksud saya bukan rawat inap anak, tetapi rawat inap anda.

  14. dr Lani berkata:

    Salam kenal, saya pernah di kalbar, Tumbang Titi, Ketapang. Dulu saya juga 2 dokter dan total staf 21, dengan rawat inap yang bisa jadi andalan untuk ‘ kerasan’ di pedalaman. Rawat jalan semi nomaden dengan pustu buka tutup, pengobatan dan penyuluhan keliling. Susahnya tidak punya komputer (belum musim), semua harus manual.
    Kalau ketemu dengan yang di Tumbang Titi saat ini, tolong titip salam.

    Rawat inap anak maju. Simpus anda bagus. Link dengan mas Jojok juga?
    Blog anda bagus dan aktual, moga maju terus, lokasi di pedalaman tapi wawasan seluas samudra. Terserah kata dunia. Siip sungai ayak.

  15. Propinsi Kalimantan Barat. Sama kan ? Paling tidak, ya … sama-sama Kalimantan. Bedanya cuma yang satu Kalbar yang satu Kaltim.

  16. Kakaakin berkata:

    salam kenal buat pkm sungai ayak :) Btw di propinsi mana ya? Hehe… *maklum nilai geografi saya kurang bagus dulunya :D
    Blog puskesmas saya sudah lama saya endapkan, padahal saya adminnya :(

  17. M. David Alamsyah berkata:

    Salam kenal,
    Mohon informasi apabila di wilayah kerja puskesmas bapak masih dibutuhkan tenaga analis kesehatan D3 saya berniat untuk mutasi ke daerah kalimantan. Terimakasih Telp/SMS 081234198778

  18. Triatmoko berkata:

    Hehe….makasih sebelumnya. Kirain diinstall. Nanti kl ada kesulitan saya kontak lagi. GBU

  19. Simpusnya gak pake instal. Langsung buka aja. Oya, itu file Simpus menggunakan Excel 2007. Kalau anda punya Excel 2003, ya harus instal dulu Excel 2007. Gitu aja ! Semoga membantu.

  20. Triatmoko berkata:

    Dear team Pusk Sei Ayak. Salut banget dengan kinerja puskesmas ini. Semoga makin maju dan berkembang. Sekalian mau tanya, saya mau install Simpus, sudah saya download dan saya ekstrak. Tp mau diinstall koq belum bisa ya. Mohon petunjuknya. Kl boleh minta petunjuk via email saya. Terimakasih dan GBU

  21. lusiana lulut berkata:

    woy mantap gak sungai ayak ni,,,,,,,,,,,,,,,,?????????? SLM jak bwat mualang bagas awas,tetap maju mualang jgan buktikn kita bisa,igt lgu mualang dani,,,,,,,,,

  22. agus berkata:

    bagus sei ayak dah bikin beberapa aplikasi untuk pkm…..saya dah unduh beberapa tapi ada yang gak lengkap pak…..
    untuk simpus….jenis dan kode penyakitnya kok gak sama persis sama dengan ICD yang di LB dari depkes (sampai 27…yang bapak buat sampai 22 aja????)…..mohon dibantu dan ijin untuk mengadopsi beberapa aplikasi Sei Ayak…..(gratis kan pak????)…..kalo ada lagi tolong email ke t4 saya…..thanks….

    • Terima kasih untuk infonya. Mengenai kode penyakit, kami saat ini masih menggunakan hingga kode 22. Kalau boleh emailkan untuk kami dengan kode seperti yang anda sebutkan supaya bisa kami sesuaikan laporan penyakitnya. Sampai saat ini, SIMPUS dan lainnya masih gratis kecuali jika diminta untuk mengirimkan filenya lewat CD, itupun hanya untuk pengganti harga CD dan ongkos kirim plus transport dari Puskesmas ke kantor TIKI di Kabupaten.

      Salam Lukas Kepala Puskesmas Sei. Ayak

  23. ABU KES SGU berkata:

    SALAM KENAL …KAWAN LAMA DI SEI AYAK..APA KHABAR NYA ..UDAH HEBAT PKS SEI AYAK ..UDAH SMPAI DIMANA-MANA INFORMASI PKS SEI AYAK..SMG AJA TETAP MAJU DAN BERKUALITAS ….AMIN..SALAM SAMA KWN2 YG LAMA2..OK.

  24. wah senang rasanya baca blog ini. aku rasa perlu banget biar tahu info tanah kelahiranku.. jauh2 ni gak ada kabar berita tentang Sui Ayak, dah belasan tahun rindu rasanya.. tp syukur deh, lewat blog Puskesmas ini aku bisa tau tentang kampung ku, walaupun dikit. Pak, posting yang banyak donk mengenai Suy Ayak, perkembangannya, sekolahnya, pasarnya, transportasinya, kapuasnya, motor “pelem”nya Anam, masih ada gak ya? masih ada bioskopnya gak? masih ada gak yang ingat lagu “ku nyabak”, riu ka kampong halaman… semoga Puskesmas Sui Ayak berkembang dalam usaha memberdayakan masyarakan yang sehat jasmani dan rohani. Excited!!!!

  25. Red berkata:

    salam kenal bapak dan ibu dokter :D

  26. wh gue ikut bangga daerah kalbar sudh maju tentang simtem manajemen kesehatan nya dan sdh mempunyai kapasitas utuk berkembang….khusus nya sugai ayak kab sekadau…..saran saya tingkatkan kualitas dan motivasi kariawan puskesmas tiap 1 bln skli di adakan penyuluhan tentang bahaya penyakit dan cara pencegahan nya….itu ja sukses kalbr…..dan maju trus…..

  27. ibrahim berkata:

    “HALO…APA KABAR TEMAN-TEMAN SEJAWAT DI PUSKESMAS SUNGAI AYAK ?” SALAM KENAL SAYA IBRAHIM DARI PUSKESMAS CAPKALA.SENANG BISA KENALAN DENGAN ORANG LUAR BIASA SEPERTI PAK LUKAS.

  28. denny haryanto berkata:

    salam kenal sama direk ari ulu…..
    tingkatkan pelayanan kesehatan ngau sama direk kita ari ulu.
    antek masyarakat kita sehat. ekonomi kita pun pasti maju.

    untuk materi tentang segala penyakit tambah agek weh, isak nyamai kami te nerudi tok lah. isak endai gamak medak penyakit pasien kita d ulu. maklum kadang2 adai penyakit te gah aneh2 te nisek kami buleh ari pelajaran/buku2 sumber referensi……

  29. erinia berkata:

    ya saya dukung

  30. PKM Sungai Ayak berkata:

    Silakan klik halaman DOWNLOAD. Disitu ada link untuk download program SIMPUS.
    Terima kasih. Salam buat Pak Aloysius Ahin. Masih ingat gak ya ?

    (Lukas)

  31. ibrahim berkata:

    boleh dong bagi software manajemen puskesmas yang terbaru.terimakasih ya.saya tunggulho.saya ibrahimd dari puskesmas capkala

  32. ade wijaya putra berkata:

    Oh ya satu lagi , saya minta foto2 galeri tntang sei ayak , di tampilkan ya..

  33. ade wijaya putra berkata:

    Thanks’y bt yg adanya blok ini, jadiya saya tau dan tidak akan lupa dengan sungai ayak(kampung kelahiran ku) tptya 2 2 1992 , saya di sini sebagai seorang yg lahir di sei ayak , dan besar di sini slama 14 th , sekalah di sdn 1 blitang hilir dan smpn 1 blitang hilir jga, oh ya tidak lupa juga ,wktu tu kpala sekolahnya pak gaul , pindah waktu itu kls 2 smrter 1,
    sekarang udh pindah ke jakarta , udh 3 th gak da kbrnya tntang sei ayak, jdi lega skrg ,setidaknya dgn blok ini ,saya jadi tau tntang kmpung kelahiran ku…..

    Tidak lupa jga tentang pak lukas yg sdh beri saya petunjuk untk ini…

    saya masih ingat ma bapak,,,
    ini putra pak anakya pak bahktiar yg dlu jualan ayam potong , rumah saya dlu di sebelah kantor KUA pak di sebelah ya lagi ada greja…tepatnya di depan rumah pak jufa……..
    Moga2 dgn ini saya ingat slalu…

  34. puskesmas menuklung berkata:

    siiiiipppp, kalau ad waktu kami akan berkunjung k sana………

  35. Manukung – Sungai Ayak tidak jauh-jauh amat. Silakan berkungjung, kami tunggu. Soal aplikasi simpus, nanti kami kasih kalo anda ke Sungai Ayak

  36. ardion berkata:

    oh ye,aku skalian minta format simpus terbarunya donk,

  37. ardion berkata:

    salam kenal dari puskesmas menukung,kabupaten melawi,kirimin semua profil kawan2 puskesmas sui ayak,donk

  38. PuskelInfo berkata:

    Selamat atas kesuksesan puskesmasnya menjadi yang terbaik. Semoga pengalamannya bisa dibagi-bagikan untuk kemajuan puskesmas kami di Kendari. Salam.

  39. Aprida Mastina M L berkata:

    mmm….
    bagus juga ya pak blog na!!!
    jd smua org bs tw ttg puskesmas sui ayak!!!
    maju teruz puskesmas sui ayak!!!!
    hhhheeeee…..

  40. Meri berkata:

    Dokter disungai ayak cuma 2org.Kadan2 aku antar org tua ku dokter ny lagi keluar kota.Masa org sakit harus nunggu.M0h0ng pemerintah perhatian nya.

    • Terima kasih, anda telah menyampaikan keluhan anda kepada kami. Pepatah bilang, jika ada kekurangan pada kami beritahukan kepada kami saja, namun bila ada kelebihan kami, katakan kepada siapapun. OK, keluhan anda akan kami pehatikan dan diteruskan kepada yang bersangkutan.

  41. Waduh ….. maaf ya, satu bulan lebih ini nyaris tak ada tulisan baru. Soalnya, kita lagi menggarap SIMPUS Sungai Ayak untuk versi terbaru. Namanya SIMPUS 1.4. Awal bulan Juni sudah presentasi di Dinkes Kabupaten Sekadau. Sempat di lirik orang propinsi. Ada tawaran untuk presentasi dalam Rakerkesda Kalbar bulan depan. Jadi perlu persiapan lebih matang. Kami juga sudah minta ke kawan-kawan di Puskesmas untuk nyumbang tulisan, namun sepertinya belum bisa terlaksana. Mohon sabar deh, tulisan terbaru akan muncul juga nantinya. Oke ?

  42. ahyar berkata:

    kok postingnya kurang produktif. informasikanlah mengenai keadaan perkembangan pelayanan di puskesmas, apa saja hambatan yang di alami, atau terobosan baru, atau mengenai penyakit masyarakat yang sering terjadi di sana. Salam dari Banjarbaru

  43. Salam kenal semua kolega di puskesmas Sungai ayak..
    Dari kami puskesmas sangatta Kutai Timur Kaltim
    Mohon tanggapan saran dan kritik.. agar blog pkm kita dapat sambutan lebih..
    kalau boleh tau pkm sungai ayak berada di mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s