MENGATASI NYERI PUNGGUNG


Bila Anda seharian bekerja di balik meja, nyeri punggung rasanya sudah tak asing lagi dan pasti sering Anda alami. Nyeri punggung bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya duduk tegak terlalu lama, aliran darah terhambat, keseleo, bahkan pergeseran ruas tulang punggung. Bila nyeri punggung terlanjur terjadi, segeralah lakukan beberapa tips yang disarankan situs kesehatan familydoctor.org berikut ini.

Berbaringlah telentang pada kasur atau matras dengan kepala disangga bantal. Selama 5 menit pertama berbaringlah dengan posisi kaki lurus, setelah itu letakkan betis di pangkuan kursi sehingga posisi kaki membentuk huruf L terbalik selama 5 menit berikutnya. Posisi ini akan ‘membetulkan’ sendi panggul dan pinggul Anda yang terbiasa duduk lama di kantor.

Dalam memilih matras atau kasur sebagai alas berbaring, gunakan yang tipis agar tulang bahu, punggung atas-bawah, dan tulang punggung bisa lebih rileks karena berada di tempat yang datar.

Terapi berbaring ini penting Anda lakukan rutin selama 10-15 menit saat mengalami nyeri punggung. Namun jangan sampai Anda terlena dan berbaring terlalu lama, karena bila itu terjadi tulang punggung Anda akan melemah sehingga proses pemulihan justru akan terhambat.

Selain terapi berbaring, tips lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan bantal pemanas di kursi Anda. Bantal pemanas ini sudah banyak dijual di toko-toko obat dan alat medis. Fungsinya adalah melancarkan aliran darah di bagian tubuh yang pegal atau cedera, jadi Anda bisa memakai alat ini untuk meringankan sakit di leher, bahu, punggung, kaki, dan tangan. Cara lainnya adalah dengan mengompres punggung dengan es batu selama beberapa menit atau pijat relaksasi yang sudah banyak ditawarkan di salon kecantikan dan spa.

Ada banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung, Anda tinggal pilih saja mana cara yang paling nyaman dilakukan.

About these ads

Tentang Puskesmas Sungai Ayak

Pelopor Simpus dari Sekadau - Kalimantan Barat
Tulisan ini dipublikasikan di Info Kesehatan, Umum dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke MENGATASI NYERI PUNGGUNG

  1. Yudhy Wicaksono berkata:

    Kalo minum obat2 an gimana pak, misalnya “neo rheumasil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s